Jalinan Media–Kantor Bahasa Provinsi Bengkulu, Minggu, (28/1) melaksanakan pembukaan kegiatan Peningkatan Kompetensi Pegawai dalam Membuat Konten Media Sosial di salah satu aula hotel yang ada di Kota Bengkulu. Kegiatan ini diikuti oleh 30 orang peserta yang terdiri atas staf Kantor Bahasa dan Anggota Ikatan Duta Bahasa. Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari, yaitu 28—30 Januari 2024 ini dibuka secara resmi oleh Kepala Kantor Bahasa Provinsi Bengkulu, Ibu Dwi Laily Sumawati, S.Pd, M.Hum.
Dalam kegaiatn ini, sebanyak 15 orang Duta Bahasa terlibat sebagai peserta kegiatan dan akan mejadi petugas media sosial Ikadubas yang bertanggung jawab atas unggahan-unggahan yang akan dipublikasikan di semua media sosial milik Ikadubas. Pembuatan konten kebahasaan dan kesastraan di media sosial sudah menjadi fokus baru di Kantor Bahasa mengingat saat media soaial telah mampu menjadi media informasi yang cepat bagi masyarakat. Oleh karena itu, kesempatan ini dimanfaatkan dengan melatih para generasi muda yang tergabung dalam Ikatan Duta Bahasa agar dapat mewarnai informasi di media sosial dengan unggahan-unggahan yang berkualitas sekaligus mampu memartabatkan bahasa Indonesia sebagai bahasa negara, melestarikan bahasa bahasa daerah sebagai identitas lokal, dan meminimalisasi pemakaian bahasa asing yang tidak tepat di media sosial.
“Kita berharap, Duta Bahasa ini terus mampu menjadi garda terdepan dalam menjalankan misi Trigatra Bangun Bahasa di Provinsi Bengkulu walaupun aktivitas konten ini berada di jaringan media sosial.” Kata Yusuf, ketua panitia kegiatan ini.
Sementara itu, sederet nama konten kreator Bengkulu yang terlibat dalam kegiatan ini sebagai narasumber adalah Adi Idham Siregar yang merupakan penyiar RRI Bengkulu dan sekaligus konten kreator yang sudah banyak menghasilkan konten-konten menarik. Kemudian, Andrian Ilham Prasetya, seorang komika yang telah banyak menghasilkan video konten komedi di media sosialnya. Kemudian, dipengujung wawancara kami dengan ketua panitia bahwa kegiatan ini akan berlangsung selama tiga hari dan semua peserta diianpkan di hotel tersebut. Ysf.